Sejarah Wardah
Wanita bersahaja, Nurhayati Subakat. Dan barangkali kita lebih mengenal merk barang-barang yang dibesarkannya dari rumah tersebut berpuluh tahun: Wardah. Ya, perempuan yang dibungkus hijab biru itu ialah orang dibalik kegemilangan Wardah, perusahaan kosmetik keelokan yang meraksasa dan masing-masing produk besutannya sohor ke mana-mana itu.
Kosmetik keelokan ini sudah digunakan berjuta orang. Para perempuan muda. Ibu lokasi tinggal tangga. Wanita karir. Para pesohor yang berlahiran di layar televisi kita. Bahkan sampai ke manca Negara. Wardah pun sudah mensponsori begitu tidak sedikit hajatan besar. Sekedar menyinggung satu: Indonesian Idol, tayangan yang membetot berjuta mata itu..
Dia bekerja sebagai apoteker di Rumah Sakit Umum di Padang. Merasa lumayan berbakti di sana, dia memilih pindah ke Jakarta. Bekerja sebagai staf quality control di suatu perusahaan kosmetik yang telah sohor. Bekerja di perusahaan itu ialah dambaan semua professional muda alumni farmasi. Dari rumahnya di Kebayoran lama, Nurhayati melaju ke kantor perusahaan di unsur timur Jakarta itu. Saban hari begitu.
Dan karir di situ bahwasannya sudah mulai berkilau. Tapi suatu kejadian kecil di perusahaan ini mendorongnya keluar.
Keluar dari perusahaan raksasa itu, dia enggan menyerah. Dapur mesti mengepul. Semangat mesti menyala. Dua anaknya beranjak remaja, perlu uang yang cukup. Dia lalu mengawali bisnis sendiri. Dan tersebut tahun 1985. Sebuah industri rumahan. Semula tenaga kerjanya hanya satu orang. Pembantu lokasi tinggal tangganya sendiri. Produk kesatu yang dibesut ialah sampo dengan brand Putri. Dan memperbanyak si putri tersebut mengucurkan keringat.
Si Putri tersebut mekar berkembang. Keuangan pun mulai berkilau. Meski pelan diterima pasar. " Alhamdulillah, mayoritas salon menerima produk kami," kata Nurhayati memperingati masa pahit itu. Saat tersebut sejumlah produk besutannya dikenal di salon-salon ternama di Jakarta. Sudahlah dapat diramalkan, masa mendatang perusahaan ini akan kemilau.
Tapi cobaan berat tersebut datang lima tahun kemudian. Pabriknya hangus terbakar. Usaha yang dirintis dari nol tersebut tiba-tiba saja jadi arang. Lenyap pun semua mimpi yang telah lama menyala itu.
Dihantam krisis ke titik nadir laksana itu, Nurhayati berkeinginan menutup perusahaan itu. Matematika bisnis telah tak mungkin membangunkan usaha itu. Sudah tak masuk akal. Utang dibank belum lunas. Ketika usaha ini merangkak naik, Nurhayati memang melakukan pembelian secara kredit suatu mobil box. Mobil itulah yang mengirimkan si Putri ke salon-salon. Jadi? Jalan sangat masuk akal, tutup tersebut usaha. Tapi Nurhayati bukan seorang pebisnis belaka. Dia pun seorang ibu, yang dapat meleleh air mata memikirkan nasib semua karyawannya. " Bila perusahaan saya tutup, bagaimana nasib mereka," kenangnya mengingat waktu susah itu. Mencoba bangkit pun sungguh tak gampang.
Dan Nurhayati ialah kata beda dari tekad. Dia mulai lagi. Dari nol. Benar-benar nol. Modal mula pinjam dari simpanan suami. Bayar gaji karyawan dipungut dari gaji bulanan suami. Kerja keras episode kedua ini pun ada hasilnya. Mesin pabriknya pulang menyala, " Bahkan dapat bayar gaji dan THR semua karyawan," kisahnya.
Sesudah tersebut mesin pabriknya terus menderu. Begitu untung, dia mengerjakan inovasi. Dan di antara inovasi tersebut masuk ke bisnis kosmetik. Nurhayati jitu mengincar konsumen. Merekam apa yang diperluka dunia di sekitarnya. Dari pergaulan keseharian dia merasa bahwa ada keperluan para muslimah guna tampil elegan. Merias diri secara bebas tanpa perlu khawatir soal halal tidaknya suatu produk.
Nurhayati seperti mengejar rumah usahannya. Dia mengincar segmen muslimah itu. Meramu produk kosmetik yang sekarang kita kenal dengan nama Wardah. Bunga mawar yang indah. Perlahan si bunga tersebut mekar. Merangsek pasar. Mulai dikenali dan jadi kosmetik langanan kalangan ruang belajar menengah ke atas. Kaki bisnis ini kuat. Konsumen pun setia. Kesetian pemakai dan manajemen yang kuat menciptakan Wardah sanggup melalui badai krisis yang menggulung ekonomi Indonesia 1997.
Banyak teknik ditempuh menjual produk kosmetik ini. Di samping lewat sebanyak agen di sejumlah kota besar, Wardah juga dijual dengan teknik Multi Level Marketing (MLM). Dan kerja keras tersebut memang terdapat hasilnya. Modal pun kian banyak. Laba yang diraih digunakan untuk terus memperluas jaringan pasar. Wardah lantas merangsek ke pasar Negara tetangga. Masuk ke kota-kota di Malaysia. Dan di sana sebanyak produknya laku keras. Diminati tidak sedikit muslimah di sana, berlomba dengan produk negeri serumpun itu.
Kini Wardah menjadi di antara produk kosmetik terbesar di negeri ini. Banyak figur wanita dan pesohor yang menggunakan produk kosmetik dan menjadi bintang iklan perusahannya. Inneke Koesherawati dan Dian Pelangi, yang terdapat dibaliho kecil di ruang tamu itu, ialah dua misal bintang itu. Inneke ialah mantan artis. Dian Pelangi ialah desainer hijab yang berhasil dan telah melalangbuana ke sebanyak Negara. Dua perempuan cantik itu ialah bintang iklan Wardah. Syuting iklan itu sampai ke kota Paris.
Nurhayati bertekad meraih pasar yang lebih luas. Go international. Dia mematok memasang target, perusahaan ini mesti go public tahun 2016. Dan itu dapat saja terjadi. Masih ada masa-masa dua tahun. Meski sudah merangkai rencana besar itu, pada umur 63 tahun, Nurhayati sekarang mulai menepi. Kendali perusahaan di berikan kepada kedua anaknya. Kedua anaknya tersebut juga alumni ITB. Memegang kendali pemasaran dan produk, dua sektor urgen yang menjadi ujung tombak perusahaan ini. Mereka siap go internasional.
Hampir 28 tahun menekuni bisnis ini, Nurhayati memperkirakan bahwa segmen muslimah dan keelokan ini akan terus bersinar. Bahkan pesat melaju. Tapi dia berharap supaya bisnis ini tidak bakal pernah menjangkau puncak. “ Saya malah berharap, bisnis mode, lifestyle muslim ini tidak boleh pernah sedang di puncaknya dulu,” katanya.
PT Paragon Technology and Innovation, perusahaan yang menaungi minimal 300 item kosmetik tersebut pesat berkembang. Tumbuh 50 persen setahun. Padahal secara umum, bisnis kosmetika di Indonesia tumbuh dengan rata-rata 10 sampai 15 persen.
Link Aksesibilitas
Lewati ke konten utamaBantuan aksesibilitas
Masukan aksesibilitas
Google
Sejarah Wardah
Sekitar 637.000 hasil (0,37 detik)
Hasil Telusur
Hasil web
Sejarah Panjang Kosmetik Halal Indonesia Bersama Wardah
suara › lifestyle › female
16 Apr 2019 - Perkembangan kosmetik halal di Indonesia tak lepas dari peran Wardah.
Kisah Jatuh Bangun Bisnis Wardah | Dream.co
dream.co › fresh › kisah-jatuh-bangun-bisnis-wardah-1404...
17 Jun 2015 - Nyaris bangkrut dan menutup pabrik. Mulai lagi dari nol. Gaji karyawan diambil dari gaji suami. Sejarah Wardah adalah kisah kerja keras dan ...
Orang lain juga menelusuri
strategi pemasaran wardah
direct marketing wardah
nurhayati wardah
omset wardah
industri kosmetik halal
wardah halal dari awal
PT. Paragon Technology and Innovation ... - Princess Kinasih
asihrahmawati1025.blogspot › 2013/02 › pt-paragon-technology-and...
6 Feb 2013 - A. SEJARAH INDUSTRI KOSMETIK. PT Paragon ... Pada tahun 1995, PTI mulai mengembangkan merk Wardah. Namun, belum bisa berjalan ...
WARDAH - Scribd
id.scribd › document › WARDAH
A. SEJARAH INDUSTRI KOSMETIK. Wardah adalah perusahaan yang didirikan asli dari Indonesia yang didirikan oleh Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt ( lahir di ...
Sejarah Wardah Kosmetik Survey
surveymonkey › ...
Nurhayati Subakat, 64 th., adalah entrepreneur kosmetika Wardah yang mempunyai omzet Rp 200 M satu bulan, (yang lainnya: Harga Eyeliner Wardah) ...
Kisah Sukses CEO Wardah, dari Bisnis Rumahan Jadi ...
wolipop.detik › work-and-money › kisah-sukses-ceo-wardah-d...
19 Mar 2018 - Siapa yang kini tak tahu Wardah. Padahal dulu 33 tahun saat baru berdiri, produk kosmetik ini dijajakan dari rumah ke rumah. Inilah kisahnya ...
Anda mengunjungi halaman ini pada 08/10/19.
Download - Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya - Universitas ...
digilib.uinsby.ac › ...
oleh NS Luthfiya - 2016
PTI Paragon | Home
paragon-innovation
Wardah Skin Innovation berhasil mengungkap rahasia untuk mendapatkan kulit cerah bercahaya. Setelah melewati 60.000 jam riset tanpa henti, Wardah.
[PDF]BAB I PENDAHULUAN 1.1 GAMBARAN UMUM ...
openlibrary.telkomuniversity.ac › pustaka › files › bab1 › pengar...
1.1.1 Sejarah Singkat Perusahaan ... Wardah adalah salah satu kosmetik yang di produksi oleh ... Wardah Cosmetic berkomitmen puluhan tahun untuk selalu.
Sejarah Wardah, kosmetik legendaris indonesia | KASKUS
kaskus › thread › sejarah-wardah-kosmetik-legendaris-in...
24 Nov 2018 - Wardah kini begitu majunya. Pabriknya sudah 20 hektar. Karyawan ya sudah 11.000 orang. Sudah mengalahkan pemain asing di Indonesia.
Penelusuran yang terkait dengan Sejarah Wardah
visi misi beauty advisor wardah
strategi pemasaran wardah
penjualan wardah
kode saham wardah
makeover wardah
wardah surabaya
wardah makeup
wardah kosmetik online
Navigasi Halaman
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Berikutnya
Export to CSV
Related Keywords
Load Metrics (uses 8 credits)Keyword
visi misi beauty advisor wardah
strategi pemasaran wardah
penjualan wardah
kode saham wardah
makeover wardah
wardah surabaya
wardah makeup
wardah kosmetik online
✖
Export to CSV
People Also Search For
Load Metrics (uses 62 credits)Keyword
strategi pemasaran wardah
direct marketing wardah
nurhayati wardah
omset wardah
industri kosmetik halal
wardah halal dari awal
struktur organisasi perusahaan wardah
produk pt paragon
alamat pt paragon padang
pemilik pt paragon
mess pt paragon
bisnis wardah
laporan keuangan wardah kosmetik
marketing mix produk wardah
pendiri makeover
pemilik pt paragon technology and innovation
nurhayati subakat sari chairunnisa
pendiri kosmetik make over
nurhayati subakat instagram
alamat pt wardah
prestasi nurhayati subakat
pengertian produk wardah
grafik penjualan wardah
jurnal tentang produk wardah
lowongan kerja pt paragon 2019
kode rekrutmen paragon
gaji pt paragon
pt paragon cikarang
event pt paragon
makna logo wardah
produk wardah
strategi pemasaran wardah
direct marketing wardah
nurhayati wardah
omset wardah
industri kosmetik halal
wardah halal dari awal
struktur organisasi perusahaan wardah
produk pt paragon
alamat pt paragon padang
pemilik pt paragon
mess pt paragon
bisnis wardah
laporan keuangan wardah kosmetik
marketing mix produk wardah
pendiri makeover
pemilik pt paragon technology and innovation
nurhayati subakat sari chairunnisa
pendiri kosmetik make over
nurhayati subakat instagram
alamat pt wardah
prestasi nurhayati subakat
pengertian produk wardah
grafik penjualan wardah
jurnal tentang produk wardah
lowongan kerja pt paragon 2019
kode rekrutmen paragon
gaji pt paragon
pt paragon cikarang
event pt paragon
makna logo wardah
produk wardah
✖
Link Footer
IndonesiaTugu, Kota Depok, Jawa Barat - Dari perangkat Anda - Gunakan lokasi yang akurat - Pelajari lebih lanjut
BantuanKirim masukanPrivasiPersyaratan
Size bisnis segmen muslimah ini, kata Nurhayati, makin melebar lantaran bertumbuhnya fashion muslim yang lifestyle. Lebih modis namun tetap bermartabat. Dan anak-anak muda laksana hijabers lebih agresif dalam perkara perluasan dagang. Itu sebabnya Nurhayati menyala optimismenya begitu bicara soal masa mendatang perusahaan yang dirintis dengan sulit payah itu.Kini, Paragon membuka pabrik di dua lahan yang luas. Dari semula dikerjakan bareng pembantu di rumah, perusahaan ini memperkerjakan 4000 ribu lebih karyawan.
Kesuksesan tersebut diapresiasi tidak sedikit orang dan lembaga. Sebuah Majalah Mingguan di Jakarta memberi penghargaan untuk sebagai salah sati Chief Executive Officer (CEO) terbaik di Indonesia. Sejumlah penghargaan lain pun sudah diterima.
0 Komentar